FactNews – Kamis (24/03/2022), Fakultas Hukum (FH) Universitas Kuningan (Uniku) menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penelitian yang berjudul ‘Penguatan Penanggulangan Bencana Melalui Regulasi Partisipatif Berbasis Desa’ bertempat di Hotel Grage Sangkan.

Kegiatan FGD yang dihadiri oleh Dosen dan Mahasiswa FH Uniku ini menghadirkan narasumber dari Akademisi, yaitu Dr. Haris Budiman, S.H., M.H. dan Erga Yuhandra, S.H., M.H., serta Kepala Dinas dari Badan Petanahan Nasional, Dinas Lingkungan Hidup Daerah, Badan Penangulangan Bencana Daerah, Badan Perencanaan dan Pembangunan Dearah, Dinas Permerdayaan Masyarat Desa, dan BNI Cabang Kuningan.

Ketua Periset yang juga merupakan Dekan FH Uniku, Dr. Suwari Akhmaddhian, S.H., M.H., mengatakan kegiatan ini merupakan implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam bidang Riset yang melibatkan 5 (lima) orang mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir yang merupakan Hibah dari Dikti dan LPDP.

Lebih jauh, pihaknya menyebut FGD ini bertujuan salah satunya untuk menggali kebijakan terkait penanggulangan bencana.

Focus Group Discussion ini bertujuan untuk menggali kebijakan yang terkait dengan penangulangan bencana, peran serta masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, dan reformulasi peraturan di tingkat desa yang mendorong peningkatan kapasitas perangkat desa dan warga,” jelasnya.

FGD yang berlangsung mulai pukul 08.00 s.d. 17.00 WIB ini berlangsung dinamis dengan berbagai pertanyaan dari mahasiswa. (red)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.