FactNews – Sabtu (21/05/2022), Fakultas Hukum Universitas Kuningan (FH Uniku) menggelar Webinar ‘Ngebahas tentang Hukum (Neteh)’ dengan tema “Kebangkitan Nasional Menuju Demokrasi Yang Bermartabat.”

Webinar ini menghadirkan narasumber diantaranya Asep Z. Fauzi, S.Pd.I., Ketua KPU Kabupaten Kuningan, Ikhsan Bayanuloh, S. E., Anggota Bawaslu Kabupaten Kuningan, dan Iman Jalaludin Rifa’I, M.H., Peneliti Puskapil Uniku. Selain itu, Webinar ini juga di hadiri oleh Dikri Alpan Fadilah selaku Ketua BEM FH Uniku, Tatut Mutiarawati selaku Ketua BLM Uniku, dan Ramliki selaku Ketua HMIH Uniku.

Narasumber pertama, Asep Z Fauzi, S.Pd.I., membahas tentang “Peran KPU dalam Mewujudkan Demokrasi Bermartabat”. Menurutnya, pelaksanaan pemilihan umum dalam rangka mewujudkan demokrasi yang bermartabat dibutuhkan peran KPU yaitu dengan melaksanakan pemilihan yang berlandaskan atas asas langsung, umum, bebas, jujur dan adil (LUBERJURDIL). Dengan diterapkannya asas ini, tentu akan terwujud demokrasi yang bermartabat dimana masa depan negara dengan sistem politik demokrasi, sangat bergantung pada budaya berdemokrasi warganya, khususnya dalam berpemilu.

Pemateri selanjutnya, Ikhsan Bayanuloh, S.E., membahas tentang “Sistem Pengawasan dan Tantangan Pemilu 2024”. Menurutnya, sistem pengawasan pemilu perlu dilakukan melihat banyaknya tantangan yang ada pada saat pelaksanaan pemilu yang sampai saat ini marak terjadi. Tidak bisa dipungkiri bahwa banyaknya pidana kasus pemilu, kecurangan pemilu dan pencucian uang dalam pemilu itu menjadi tantangan dalam pelaksanaan pemilu. Oleh karena itu, pengawasan pemilu dan antisipasi kecurangan pemilu sangat penting dalam indikator pemilu yang berintegritas dan untuk mengatasi permasalahan yang akan terjadi. Beberapa indikator pemilu yang bertintegritas yaitu dengan adanya rekrutmen kader partai politik, sistem pemilu dan kerangka hukum, penyelenggara yang netral dan professional serta pemilih yang cerdas.

Narasumber berikutnya, Iman Jalaludin Rifa’i, M.H., dari Pusat Kajian Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Puskkapil) Uniku membahas tentang “Peran Generasi Muda dalam Memaknai Kebangkitan Nasional”. Dalam kesempatan ini, Iman menyampaikan bahwa kita sebagai generasi muda saat ini harus ikut memaknai nilai dan semangat kebangkitan nasional dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat yaitu dengan cara ikut serta menjaga kerukunan hidup dengan bertoleransi, saling menghargai dan menghormati, memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan dan menempatkan kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi dan golongan.

Sementara itu, Ketua Ormawa FH Uniku menyampaikan beberapa gagasan mengenai “Kebangkitan Nasional Menuju Demokrasi yang Bermartabat” yang menambah kesan menarik dalam webinar kali ini, ditambah antusias peserta webinar yang begitu tinggi membuat webinar ini berjalan dengan lancar.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FH Uniku, Dr. Suwari Akhmaddhian, S.H., M.H. menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan mahasiswa dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ini, “Nilai-nilai kebangsaan harus selalu dijaga dan agenda pemilu 2024 harus dikawal oleh segenap komponen bangsa sehingga penyelengarannya bermartabat, penuh dengan nilai-nilai kejujuran dalam menjalankan demokrasi. Kegiatan seminar ini dapat melatih softskill mahasiswa dan juga meningkatkan kompetensi.” (red/un)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *